Toto : Pengunduran Diri Cawabup Tidak Sesederhana Itu, Ada Aturannya

Toto : Pengunduran Diri Cawabup Tidak Sesederhana Itu, Ada Aturannya

Metroonline.co, Indramayu – Mengejutkan, menjelang penetapan pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Indramayu, tiba-tiba salah satu Calon Wakil Bupati (Cawabup) Rasta Wiguna mundur dari pencalonan. Rasta Wiguna sedianya mendampingi Toto Sucartono sebagai Calon Bupati yang diusung Partai PDI Perjuangan, NasDem dan PKB. Sementara lawannya Hj. Anna Shopanah-Supendi, pasangan calon incumbent yang diusung Partai PKS, Gerindra dan Demokrat.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Metroonline.co, Rasta Wiguna sudah menyampaikan pengunduran dirinya kepada Partai pengusungnya siang tadi, Sabtu 22/8/2015.

Menanggapi hal itu, Toto Sucartono, Calon Bupati (Cabup) yang berpasangan dengan Rasta Wiguna menyatakan dirinya belum diberitahu baik dari Rasta Wigunanya sendiri maupun dari Partai pengusungnya.

“Saya belum dikabari mengenai hal itu. Pak Rasta belum kabari saya, dari Partai PDI Perjuangan pun belum kabari saya,” kata Toto ketika dikonfirmasi via ponselnya, Sabtu malam (22/8/2015).

Menurut Toto, pengunduran diri Rasta Wiguna sebagai Cawabup yang mendampinginya tidak sesederhana itu. Pasalnya, beberapa tahapan sudah pasangan Calon lalui, mulai dari verifikasi, cek kesehatan dan seterusnya hingga tinggal menunggu detik-detik penetapan oleh KPUD Indramayu hari Senin, 24 Agustus 2015.

“Tidak sesederhana itu kalaupun dia benar mengundurkan diri. Kan sudah membuat pernyataan tidak akan mundur saat mau maju. Semua ada aturannya. Begitupun KPU juga punya aturan menyikapi dan memutuskan hal ini,” kata Toto.

Sementara itu, salah satu Komisioner KPUD Indramayu, Murtiningsih Kartini SH MH, ketika dikonfirmasi via ponselnya membenarkan pengunduran diri Rasta Wiguna sebagai Cawabup yang mendampingi Cabup Toto Sucartono.

“Ya betul, tadi sore kami terima pengunduran dirinya,” kata Murtiningsih, Sabtu malam (22/8/2015).

Ketika ditanya mengenai aturan tentang mekanisme pengunduran diri Cawabup dan aturan KPU atas pengunduran diri Cawabup Rasta Wiguna, Murtiningsih tidak bisa menjawab. Ia mengatakan akan mendalami dahulu soal aturan itu.

“Nanti saya akan mendalami dulu,” pungkas Murtiningsih Kartini, SH MH.

Mendengar kabar itu beberapa warga Indramayu kecewa dengan keputusan Rasta Wiguna. Salah satu kekecewaannya diutarakan oleh pengamat hukum, Adi Kusyandi SH MH.

“Saya jadi tanda tanya, kenapa Rasta Wiguna mundur menjelang detik-detik penetapan KPU. Kalau memang dia gak sanggup harusnya sejak awal dia jangan maju. Masyarakat kecewa, karena dengan mundurnya salah satu Calon Wakil Bupati berpotensi pesta demokrasi Indramayu ditunda,” kata Adi, Sabtu malam (22/8/2015).

Adi juga mengingatkan KPUD Indramayu agar hati-hati dalam menyikapi pengunduran diri salah satu Cawabup yang sudah mengikuti semua tahapan di KPU.

“KPUD Indramayu harus benar-benar memakai aturan dalam menyikapi dan memutuskan Cawabup yang mengundurkan diri yang sudah melalui tahapan seperti ini,” tegas Adi.

Tim Redaksi

BERBAGI