Sandy Tumiwa Dilaporkan Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik

    Sandy Tumiwa Dilaporkan Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik

    Metroonline.id, Jakarta – Setelah dipolisikan oleh Tessa Kaunang pada Sabtu (3/2/2018), kini Sandy Tumiwa kembali dilaporkan oleh mantan personel trio vokal Dewi Dewi, Baby Niken. Apa laporannya?

    Sandy dilaporkan dengan pasal yang sama yaitu pencemaran nama baik dan atau fitnah melalui media sosial dengan pasal 310 KUHP dan atau pasal 311 KUHP dan atau pasal 27 ayat (3) JO pasal 45 UU RI No.19 tahun 2016 tentang ITE.

    “Hari ini kita melapor terkait ada dugaan pencemaran nama baik atau fitnah oleh Sandy. Udah resmi melaporkan. Menceritakan apa yang dialami (Baby Niken). Terkait kejadian yang diduga sengaja yang dilakukan Sandy,” ungkap kuasa hukum Baby, Sunan Kalijaga di Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (5/2/2018).

    Buntut dari laporan itu bermula saat Sandy dan baby berada di atas panggung dalam sebuah acara stasiun televisi pada bulan November 2017. Di mana, Sandy menyebut jika dirinya telah dijebak oleh Baby dengan mendompleng popularitas lewat Sandy.

    Tak hanya soal itu, Sandy juga pernah melakukan tindakan yang tidak disukai oleh Baby. Yaitu ketika dirinya sedang bertengkar dengan sang pacar di sebuah kafe, Sandy pun merekam dan menyebarluaskannya tanpa izin.

    “Saya tidak terima dengan pernyataan itu (di panggung). Saya tunggu dia niat baik. Itikad baik ke saya. Tapi sampai detik ini tidak ada sama sekali minta maaf. Atau ‘say hello’ pun,” jelas Baby.

    “Kita (Sandy dan Baby) lagi ngobrol di kafe. Tiba-tiba ada pertengkaran saya sama Adie. Sandy langsung ngerekam. (Dan) saya (pernah) berdebat dengan (pacar saya). Tapi dia yang rekam. Saya nggak terima. Saya sempat bilang waktu itu ngapain rekam-rekam,” sambungnya menjelaskan.

    Atas kejadian tersebut, Baby Niken merasa dirugikan. Nama baiknya tercemar dan Baby juga mengaku sedikit tidak nyaman atas pernyataan Sandy dan tersebarnya video tersebut.

    Sebelumnya pada 30 Januari 2017, Sandy juga dilaporkan oleh pria bernama Adie Mohawk Shceetpova yang diketahui pacar Baby Niken. Yaitu dengan pasal yang sama terkait rekaman dan penyebarluasan video pertengkaran pada saat di kafe.

    Sampai saat ini, Sandy pun telah dipolisikan oleh tiga orang yang berbeda dengan pasal pencemaran nama baik. Satu di antaranya adalah mantan istrinya, Tessa Kaunang. (Dt/foto: ist).

    Tati Triani

    BERBAGI