Pertamina Terus Hijaukan Lingkungan Hidup

    Pertamina Terus Hijaukan Lingkungan Hidup

    Nuning, SW

    Metro Online, Jakarta – Direktur Eksekutif  Pertamina Foundation (PF),   mengatakan bahwa konsep sejak tahun 2011 pihaknya sudah mengembangkan Gerakan Menabung Pohon yang digagas oleh Pertamina Foundation dan telah menanam lebih dari 14 juta pohon. Semua pohon ini dipelihara secara pendampingan kewirausahaan yang kelak hasilnya minimal 80% untuk masyarakat yaitu 70% petani, 5% Desa, 5% dana Keberlanjutan  dan siklus berikutnya dilanjutkan oleh Petani sebagai wirausaha hijau Pertamina Foundation.

    ”Program ini disumbangkan untuk dunia sebagai wujud nyata dan sumbangsih Pertamina Sobat Bumi,”  ujar Nina Nurlina dikutip dari laman pertamina.com, Senin (6/1/2014).

    Menurut Nina Nurlina, Pertamina Foundation berupaya terus meningkatkan pemeliharaan terhadap alam Indonesia, Pertamina melalui unit Social Responsibility Program (CSR) nya terus aktif meningkatkan program—program pemberdayaan lingkungan di sekitar unit operasinya.

    Manager CSR PT. Pertamina, Ifki Sukarya pada saat menyampaikan laporan singkat hasil kinerja CSR pada semester pertama tahun 2013 mengatakan bahwa sampai tahun 2013 ini, Pertamina sudah akan menanam 50 juta Pohon yang diakumulasi dari seluruh unit-unit yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk pohon yang ditanam di Masigit Kareumbi. CSR Pertamina juga telah memperoleh secara simbolis beberapa penghargaan yang telah diterima oleh CSR Pertamina pada tahun 2013 ini diantaranya dari Indonesia Green Awards 2013 dalam empat kategori yaitu kategori Pelestari Hutan, Pelestari Keanekaragaman Hayati, Pelopor Pencegahan Polusi dan penghargaan khusus untuk Dirut Pertamina, Ibu Karen Agustiawan sebagai Pemimpin Pelestari Bumi. Selain itu juga ada penghargaan untuk kegiatan CSR program Kampung Atas Air binaan Refinery Unit V Balikpapan yang mendapatkan Silver Award untuk kategori Best Community Programme dalam ajang The 5th Global CSR Award di Davao, Filipina.

    Sebelumnya, di penghujung bulan Agustus 2013, Tim CSR Pertamina mengadakan acara Rapat Koordinasi dan evaluasi serta mengikuti program Edukasi Hutan yang di selenggarakan di dua lokasi, yaitu di Hotel Patra Jasa Bandung dan di Kawasan Konservasi Taman Buru Masigit Kareumbi (TBMK), Cicalengka, Bandung, Jawa Barat.  Acara yang berlangsung dari tanggal 27 hingga 30 Agustus 2013 ini diikuti oleh tidak kurang dari 60 peserta.

    Wanadri sebuah LSM juga sudah bekerjasama dengan Pertamina di Taman Buru Masigit Kareumbi, pada Rapat itu mengatakan bahwa mana  sejak tahun 2008 melalui program Walipohon Masigit Kareumbi telah menanam dan memelihara tidak kurang dari 102.000 pohon pada area seluas ± 100 hektar. Dari jumlah itu, sejumlah 65.000 pohon merupakan pohon yang diadopsi oleh Pertamina.

    Staf Ahli Menteri Kehutanan Bidang Revitalisasi Industri Kehutanan, Dr. Bedjo Santoso mengakui bahwa PT. Pertamina adalah pihak swasta yang melalui program CSR nya paling banyak menanam pohon, di Indonesia dan kemungkinan juga di seluruh dunia. Hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan, walaupun demikian Bedjo mengungkapkan juga, bahwa 100 juta pohon sebetulnya masih kurang karena Indonesia saat ini punya sekitar 30 juta lahan yang kritis dan perlu direhabilitasi.

    BERBAGI