Pertamina Beri Pelatihan Jurnalistik Siswa SMA Se-Jakarta

    Pertamina Beri Pelatihan Jurnalistik Siswa SMA Se-Jakarta

    Pelatihan Jurnalistik SMU/SMK Se-Jaksel

    METRO ONLINE.CO-Jakarta – Sebanyak 100 siswa dari Sekolah Menengah Atas/Kejuruan se-Jakarta Selatan mengikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Marketing Operation Region III bekerja sama dengan Republika Online, (12/11). Kegiatan yang diadakan di SMKN 6 Jakarta Selatan ini diisi oleh pembicara dari Pertamina dan Republika Online dengan tema “Ayo, Indonesia Mendunia!”

    Dalam pelatihan jurnalistik ini, seluruh siswa diminta untuk menulis berita mengenai Pertamina. Sebagai pembekalan kepada para peserta, tim External Relations Pertamina Marketing Operation Region III memberikan pemaparan tentang bisnis Pertamina, prestasi di kancah internasional, dan tantangan di masa mendatang.

    “Saya tak menyangka, ternyata tugas Pertamina ini lebih berat dalam pengelolaan sumber daya alam. Saya bangga juga Pertamina tak kalah dengan perusahaan-perusahaan asing yang mengelola minyak dan gas,” ujar Andi Syailendra, salah satu siswa yang ikut dalam pelatihan. “Ini sesuatu yang baru, kami mengerti apa tugas Pertamina sekarang. Cara pemaparan pembicara benar-benar menggunakan bahasa anak muda,” lanjut Andi yang mengaku senang dengan pelatihan seperti ini.

    Setelah pemaparan kinerja Pertamina, para siswa mulai mendapat pelajaran mengenai teknik menulis dan pengenalan dunia jurnalistik secara umum. Irwan Ariefyanto yang akrab dipanggil Kang One dari Republika Online, menjelaskan perkembangan dunia jurnalistik yang cenderung mulai merambah dunia digital. Kang One juga menjelaskan manfaat mempelajari jurnalistik yang kemudian dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari para siswa di sekolah.

    “Kami senang melihat antusiasme pelajar meng­ikuti pelatihan semacam ini. Banyak siswa yang mendapat pe­ngetahuan baru dan semakin paham mengenai bisnis Pertamina. Mudah-mudahan mereka bangga dengan Pertamina dan memiliki semangat yang sama untuk berprestasi di kancah dunia,” ujar Krisanti Gondokusumo selaku Pjs. Ast. External Relations MOR III.(Red)

    BERBAGI