Kasus Bawang Putih Ilegal, Mendag Enggar Blacklist Importir Nakal

    Kasus Bawang Putih Ilegal, Mendag Enggar Blacklist Importir Nakal

    Metroonline.id, Jakarta – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan tidak akan memberi izin lagi kepada perusahaan penyelundup bawang putih ke Tanah Air. Ini menanggapi masuknya 8 kontainer bawang putih ilegal beberapa waktu lalu.

    “Sudah lah jangan pernah lagi berhubungan, minta izin ekspor, impor, segala macam. Sudah jelas nyolong, jelas nyelundup. Ngapain lagi kita urusan dagang sama tuh orang,” tegas Enggar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/3).

    Enggar menegaskan pemerintah tidak akan memberikan kelonggaran bagi perusahaan nakal, baik itu perusahaan ternama maupun dari negara sahabat. “Mau dari mana pun, yang pasti nyelundup,” ucapnya.

    Sebelumnya, Petugas Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga (Ditjen PTKN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menyelidiki 8 kontainer bawang putih impor yang diduga ilegal atau menyalahi aturan administrasi.

    “Ditemukan adanya dugaan pelanggaran administrasi,” kata Pelaksana Tugas Direktur Tertib Niaga Ditjen PTKN Kemendag RI, Veri Anggrijono, Jakarta Senin (6/3).

    Dari hasil penelusuran importir tersebut terbukti memiliki izin impor bibit bawang putih dari Kementerian Pertanian sebanyak 300 ton. Padahal, Kemendag tidak mengatur izin impor bibit Perdagangan hanya atur mengatur impor konsumsi.

    “Kita sedang dalami apakah itu untuk bibit atau konsumsi. Tapi kemendag tidak atur izin impor bibit. Kemendag hanya atur impor konsumsi,” imbuhnya. (Mr/foto: ist).

    Tati Triani

    BERBAGI