ICMI, LKMI dan HMI Ciputat Gelar Baksos Kesehatan di Desa Cijengkol

    ICMI, LKMI dan HMI Ciputat Gelar Baksos Kesehatan di Desa Cijengkol

    Metroonline.co, Lebak Banten – Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Lebak, dan mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) HMI Cabang Ciputat, serta Himpunan Mahasiswa Banten (HMB), bekerja sama menggelar Kegiatan bakti sosial di desa Cijengkol kabupaten Lebak, Banten.

    Kegiatan Bakti Sosial (Baksos) yang digelar oleh mahasiswa lintas Organisasi ini disambut baik serta mendapatkan antusias dari  seluruh elemen masyarakat di desa Cijengkol.

    Dalam acara baksos tersebut mahasiswa menggelar lima kegiatan diantaranya, Penyuluhan BPJS, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pengobatan Gratis, Sunatan Massal serta mengadakan Gerakan Peduli Sampah dan Makanan Bergizi (GEMARI).

    Kegiatan Baksos yang digelar oleh mahasiswa antar organisasi itu mengusung tema : “Aplikasi Insan Pencipta dan Pengabdi dalam membangun Kontruksi Kesehatan yang berlandaskan masyarakat sehat dan Bergizi.”

    Kepala Desa Cijengkol, Muhammad Aminudin, dalam sambutannya pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak mahasiswa yang melakukan Baksos di Desa Cijengkol.

    “saat ini di Kabupaten Lebak banyak sekali terserang penyakit terutama penyakit demam berdarah. Selain itu angka gizi buruk di Kabupaten Lebak juga sangatlah tinggi,” ujarnya di Balai Desa Cijengkol. Jumat (27/02/2016).

    Kepala Desa Cijengkol berharap dengan digelarnya acara baksos sekaligus sosialisasi kesehatan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Cijengkol tentang pola hidup sehat.

    Sementara itu, Direktur Lembaga Kesahatan Mahasiswa Islam (LKMI) HMI Cabang Ciputat, Apriliana Nur Ritonga, di tempat yang sama menuturkan bahwa acara baksos ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengaplikasikan tujuan organisasi serta memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pola hidup sehat.

    “Pertama, mengaplikasikan tujuan organisasi salah satu upaya untuk mengabdi kepada umat, kedua, meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Cijengkol agar peduli terhadap Lingkungan sekitar, dan ketiga, meningkatkan konsumsi makanan yang bergizi.” paparnya.

    Apriliana juga berharap kedepan acara baksos ini bisa diagendakan secara berkelanjutan dan Desa Cijengkol ini bisa jadi desa binaan LKMI mengingat pentingnya pola hidup sehat dalam kehidupan.

    Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Banten (HMB), Mufti Azmi Miladi. Ia mengatakan, kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu upaya mahasiswa Banten dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat di Banten.

    “Kegiatan ini sebagai salah satu langkah mahasiswa banten untuk mewujudkan nilai-nilai kemahasiswaan. Bagaimana pun mahasiswa harus dekat pada masyarakat dan bisa memahami kondisi masyarakat,” kata mahasiswa kedokteran Universitas Muhamadiyah Jakarta itu.

    Rizki Irwansyah

    BERBAGI