Gubernur DKI Jakarta: Rumah DP Rp 0 Bisa Dijangkau Warga Bergaji di...

    Gubernur DKI Jakarta: Rumah DP Rp 0 Bisa Dijangkau Warga Bergaji di Bawah Rp 7 Juta

    Metroonline.id, Jakarta – Program rumah Down Payment (DP) Rp 0 yang diusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan wakilnya, Sandiaga Uno, akhirnya dimulai.

    Anies menyebut, warga Jakarta yang punya penghasilan di bawah Rp 7 juta bisa membeli rumah susun yang dihargai mulai Rp 185 juta hingga Rp 320 juta ini.

    Kita berharap dalam jangka pendek BLUD akan bisa selesai. Tadi saya dengan pak kepala dinas insya Allah April BLUD yang urusi ini akan tuntas dan skema FLPP yg akan kita gunakan akan dilaksanakan dan rumah-rumah ini dapat dijangkau warga yang berpenghasilan di bawah Rp 7 juta,” kata Anies saat pidato di acara Groundbreaking Rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa Village, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

    Anies mengatakan, program ini diluncurkan supaya mengurangi ketimpangan di Jakarta yang diklaim semakin melebar. Banyak warga Jakarta yang tidak punya aset rumah, kebanyakan hanya motor dan mobil.

    “Motor mobil tidak mengalami apresiasi, sebagai aset mengalami depresiasi. Setelah dilihat 10 tahun lagi asetnya besar. Nilai tanah nilai rumahnya meningkat. Yang tidak miliki tanah dan rumah nilai assetnya mengecil. Apa yang terjadi? Ketimpangan makin lebar,” ujarnya.

    “Ketika mereka bisa punya properti di Jakarta, mereka terbawa eskalator apresiasi kesejahteraan di Jakarta. Bagi kami bukan hari ini mereka Dapat rumah tapi ini adalah eskalator sosial ekonomi. Begitu punya properti mereka terbawa naik ke atas. Rumus sederhana ini mudah-mudahan akan bisa membantu mengecilkan ketimpangan antara mereka yang belum kaya dan yang belum makmur,” jelasnya. (Tb/foto: ist).

    Redaksi

    BERBAGI