Enggartiasto Janji Atasi Penjualan Produk Lokal Rendah di E-Commerce

    Enggartiasto Janji Atasi Penjualan Produk Lokal Rendah di E-Commerce

    Metroonline.id, Jakarta – Penjualan produk lokal di e-commerce ternyata masih rendah, kalah jika dibanding produk-produk impor.

    Data Blibli.com misalnya, dari 2,5 juta barang yang dipasarkan di sana, produk dari vendor lokal hanya sekitar 50.000 sampai 100 ribu item produk.

    Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berjanji mengatasi hal ini. Caranya?

    “Saya meminta langsung dan akan kami kumpulkan mereka (e-commerce) untuk bisa membantu usaha kecil menengah (UKM) agar kita bisa dipasarkan e-commerce,” kata Enggartiasto saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018).

    Agar produk dalam negeri yang dijual memiliki kualitas yang baik Kementerian Perdagangan akan meminta bantuan Kepala Dinas Provinsi untuk melakukan seleksi.

    “Sebagai contoh yang sudah dibina oleh kita dan kita tahu kelanjutan dari produknya dan kualitas atas produknya maka kita pasti memintakan kepada mereka untuk bisa dibantu dipasarkan,” ujar Enggar.

    Melalui seleksi tersebut, produk dalam negeri bisa didorong masuk ke pasar internasional lewat e-commerce.

    “Sehingga kehadiran market place yang besar-besar ini bukan hanya membuat Indonesia sebagai pasar produk dalam negeri tapi justru memasarkan produk indonesia keluar negeri,” katanya. (Tb/foto: ist).

    Tati Triani

    BERBAGI