Bupati Cirebon Klaim Keberhasilan Periodenya Usai Daftar ke KPU

Bupati Cirebon Klaim Keberhasilan Periodenya Usai Daftar ke KPU

Metroonline.id, Cirebon – Pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra dan Imron Rosadi yang diusung PDI Perjuangan mendaftar ke kantor KPU Kabupaten Cirebon, Jalan Dewi Sartika Cirebon, Rabu (10/1/2018).

Sunjaya yang berstatus petahana itu datang ke kantor KPU Kabupaten Cirebon sekitar pukul 10.00 WIB. Berkas persyaratan keduanya langsung diverifikasi anggota KPU. Setelah satu jam diverifikasi, sekitar pukul 11.00 WIB pasangan yang memiliki jargon Jadi Jaya itu dinyatakan lengkap.

Sunjaya-Imro diusung PDI Perjuangan dan mendapatkan dukungan dari Partai Nasdem. “Alhamdulilah pendaftaran selesai, persyaratan semuanya dinyatakan lengkap. Kami didukung juga Partai Nasdem, jadi total kursinya ada 15 kursi, PDI Perjuangan jumlah 11 kursi dan Partai Nasdem 4 kursi,” kata Sunjaya yang saat ini menjabat sebagai Bupati Cirebon kepada awak media di Kantor KPU Cirebon.

Dihadapan pendukungnya dan awak media, Sunjaya pamer keberhasilannya selama memimpin Kabupaten Cirebon. Petahan mengaku memiliki hasrat untuk melanjutkan programnya selama ini.

“Kita akan utamakan infrastruktur jalan, sebelum saya memimpin Cirebon pada tahun 2013 kerusakan infrastruktur jalan mencapai 75 persen. Selama saya menjabat dari 2014 semua itu kita perbaiki, banyak jalan sudah dihotmix dan betonisasi. Tahun ini bisa seratus persen dibenahi semuanya,” kata Sunjaya.

Tak hanya soal infrastruktur, Sunjaya juga pamer keberhasilannya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Cirebon. Selama menjabat, Sunjaya mengklaim IPM Kabupaten Cirebon mengalami peningkatan, sebelumnya posisi IPM Kabupaten Cirebon berada di urutan dua terkahir dari 27 daerah di Jawa Barat. Saat ini, IPM di Cirebon berada di posisi 19 se-Jawa Barat.

“Kita berhasil nyalip tujuh daerah lainnya. Waktu itu posisi kita di atas Indramayu, kedua dari bawah. Maaf, bukan berati menyudutkan Bu Ana (Anna Sophana, Bupati Indramayu), kita berhasil naik sedangkan Indramayu masih diposisi bawah,” kata Sunjaya.

Selain pamer keberhasilan, Sunjaya juga mengungkapkan alasannya meminang Imron Rosadi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon. “Cirebon ini Kota Wali dan Kota Santri. Haji Imron adalah kiai, pengurus NU, mantan Ketua GP Anshor. Kiprahnya di NU tak diragukan lagu, saya yakin kiai-kiai NU di Cirebon mendukung Kiai Haji Imron. Haji Imron juga perwakilan dari masyarakat Cirebon wilayah Timur, sedangkan saya dari Barat,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Cirebon Saefuddin Jazuli menyatakan berkas persyaratan pasangan Sunjaya-Imron sudah lengkap. Keduanya akan mengikuti pemeriksaan kesehatan pada Kamis (11/1/2018) di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

“Sudah dapat tanda terima, berkas lengkap. Kita akan melakukan penelitian untuk menguji keabsahan berkas dari pasangan ini (Sunjaya-Imron) selama tujuh hari. Pasangan ini juga akan mengikuti pemeriksaan kesehatan,” ucapnya.

Pasangan petahana Sunjaya-Imron merupakan pasangan kedua yang mendaftar ke KPU Kabupaten Cirebon. Sebelumnya, Selasa (9/1/2018) pasangan Kalinga dan Dian Hernawa, yang diusung partai PKS ddan Gerindra mendaftar. Berkas pendaftaran psangan Kalinga-Dian pun dinyatakan lengkap. (Dt/foto: ist).

Redaksi
BERBAGI